You are here: Home > Uncategorized > Pemanfaatan ICT pada Industri

Pemanfaatan ICT pada Industri

Nama : Merry

NIM : 1401085013

KA S1 B2014

Perkembangan teknologi informasi saat ini semakin pesat, terbukti dengan semakin banyaknya kegiatan proses bisnis yang memanfaatkan teknologi untuk mengefisienkan proses bisnisnya. Banyak perusahaan yang sudah menerapkan ICT (Information Communication Technology) atau setidaknya sedang merencanakan implementasinya. Namun, masalah lain muncul seiring dengan penggunaan yang tidak mempedulikan aspek pemilihan dan pemakaian suatu peralatan ICT secara baik dan benar. Kecenderungan ini dapat dilihat dengan tidak optimalnya ICT digunakan dalam menyelesaikan proses bisnisnya. Hanya sekedar memandang fungsi kecepatan proses sesaat dari ICT saja, tanpa memberdayakan segi fungsional dan integrasi dari perangkat teknologi.

Pemanfaatan ICT diberbagai bidang industri

ICT atau Information Communication and Technology (lebih dikenal dengan TIK atau Teknologi Informasi dan Komunikasi) pada masa globalisasi ini telah menjadi kebutuhan untuk mendukung kualitas dan efektifitas pendidikan. Pada hal ini, pemanfaatan ICT dalam bidang pendidikan bisa dilihat dari pembelajaran berbasis ICT (e-learning). Cisco (2001), menerangkan filosofis e-learning. Pertama, e-learning berguna untuk menyampaikan informasi, berkomunikasi, menyampaikan pendidikan dan pelatihan secara online. Kedua, melalui e-learning kita bisa mendapatkan alat yang dapat memperkaya nilai belajar secara konvensional dengan tujuan dapat menjawab tantangan perkembangan globalisasi. Ketiga, e-learning tidak menggantikan model belajar yang lama (konvensional) di kelas, tetapi memperkuat model tersebut dengan pendalaman dan pengembangan teknologi pendidikan. Keempat, bergantung pada bentuk isi dan cara penyampaian, kapasitas peserta didik atau murid dapat sangat bervariasi. Pembelajaran dengan berbasis e-learning merupakan metode pembelajaran yang baik secara formal maupun informal, dilakukan dengan media elektronik seperti video tape, internet, handphone, CDRom, PDA, intranet, dll. Banyak orang dan organisasi yang berpendapat bahwa ICT mampu menyelesaikan banyak pekerjaan dan memperkuat kerja organisasi non pemerintah dalam skala besar. Teknologi pada hal ini hanyalah sebagai alat untuk melayani kepentingan organisasi. Bukan sebagai tujuan, tetapi sebagai alat untuk mencapai tujuan.

E-learning

Gambar 1 : Contoh E-Learning

Sebelum tahun 1999, Depdiknas telah berkali-kali melaksanakan kegiatan-kegiatan dan menjalankan program yang berhubungan dengan ICT secara parsial. Seperti pembuatan mailing list untuk berkomunikasi langsung antara pusat dengan daerah, membuat website bagi sekolah untuk menyebarkan informasi bagi sekolah tersebut, juga penyusunan program pendataan dengan ICT. Jadi, sejak sebelum tahun 2000, industri ICT pun telah dikembangkan, tetapi yang sadar akan hal ini masih segelintir orang. Barulah sejak setelah tahun 2000, masyarakat mulai sadar akan pengaruh ICT bagi kehidupan masyarakat, dan industri ICT mulai dikembangkan.

Begitu banyak pengguna internet yang ada di Indonesia, dan lebih dari setengahnya memilih berbelanja secara online. Namun, keamanan dalam transaksi secara online belum ada hukum yang mengaturnya. Terdapat empat model bisnis yang banyak digunakan di Indonesia, seperti model marketplace yang mengumpulkan penjual dan pembeli dalam satu website, model classified ads yang melakukan transaksi karena adanya iklan baris di suatu website. Lalu ada pula model daily deals yang menguntungkan pelanggan karena sering memberikan diskon dan penawaran yang menarik setiap hari. Terakhir ada juga model online retail, yaitu perusahaan retail yang sudah berhasil berbisnis secara offline dan pindah ke online untuk memperluas pasar. Sekarang sudah ada asosiasi e-commerce yang ingin menegakkan hukum dalam bisnis online dan meningkatkan edukasi masyarakat yang masih perlu bimbingan agar dapat menjadi pelanggan e-commerce yang bijak.

Gambar 2 : Contoh E-Commerce

  Ternyata ICT ini tidak hanya dapat diakses melalui media komputer atau laptop. Pada ribuan handphone yang diproduksi saat ini hampir semuanya memiliki teknologi ICT. Misalnya, aplikasi BBM pada smartphone blackberry, aplikasi twitter, facebook, whatsapp, dan sebagainya merupakan pemanfaatan teknologi ICT dalam mobile phone. Tentu saja hal ini sangat berguna dan memberikan keuntungan bagi para pengunanya. Konsumen menjadi mudah untuk saling berbagi informasi dan berinteraksi satu sama lain tanpa haru memperdulikan perbedaan jarak dan waktu. Kita menjadi dapat berkomunikasi dengan banyak orang hanya melalui satu media elektronik.

            Peluang karir dalam bidang ICT ini sangat beragam. Kita sudah dapat menghasilkan uang dengan berbisnis online shopping dengan modal akun facebook atau dengan BBM group. Hal yang dapat kita lakukan seperti menjual pakaian atau aksesoris yang sedang diminati para konsumen sekarang ini. Kita juga dapat menggunakan twitter untuk meniti karir jika misalnya kita senang menulis. Hanya bermodalkan akun twitter dengan nama yang menarik, dan tulisan-tulisan yang membuat orang-orang tertarik untuk membacanya saja, ia sudah bisa mengumpulkan jutaan followers, membuat buku, dan tiba-tiba saja sebagian besar remaja di Indonesia begitu tertarik untuk mencari tahu siapa sebenarnya pemilik akun twitter ini. Dunianya yang pertamanya biasa-biasa saja mendadak menjadi begitu luar biasa. Jika memiliki bakat dalam bidang IT, kita dapat menjadi teknisi IT yang saat ini sedang dicari-cari banyak perusahaan. Sehingga kejahatan yang berbasiskan ICT semakin banyak. Karena itu, diperlukan pula perlawanan yang seimbang dari teknisi-teknisi IT yang memiliki hati yang lebih mulia.

Bila melihat pada abad ke 18 silam, roda kehidupan dan perekonomian ditopang oleh pertanian. Pada jaman ini disebut sebagai Agricultural Age. Abad 19 ditandai dengan revolusi industry dimana pabrik-pabrik menjadi penopang pusat perekonomian. Jaman ini dinamakan Industrial Age. Sementara pada abad 21 ini ditandai dengan jaman perputaran informasi, informasi menjadi sebuah kebutuhan dan ICT (Information Communication and Technology) mengalami perkembangan yang luar biasa di jaman ini.

Perkembangan dunia ICT khususnya perkembangan teknologi internet juga berdampak terhadap perkembangan industry kreatif. Industry kreatif ditandai dengan munculnya sekelompok kecil orang yang memiliki skill dan gagasan yang sangat inovatif.

Selama ini bangsa Indonesia bertahan dan berkembang dalam kehidupannya dikarenakan memiliki jiwa kreativitas yang tinggi. Namun hanya sebagian kecil saja orang yang bisa memanfaatkan kreativitasnya menjadi sesuatu yang bisa lebih dikembangkan tidak hanya untuk kesenangan saja tetapi dijadikan objek penghasilan atau mata pencaharian. Industri kreatif adalah pertumbuhan ekonomi kreatif yang digerakan oleh kapitalisasi kreativitas dan inovasi dalam menghasilkan produk atau jasa dengan kandungan kreatif. Hal yang penting pada industri kreatif adalah kandungan kreatifnya dimana terdapat tingkat kreativitas yang tinggi terhadap masukan dan keluaran aktivitas ekonomi ini. Secara umum dapat dikatakan bahwa ekonomi kreatif adalah sistem kegiatan manusia yang berkaitan dengan kreasi, produksi, distribusi, pertukaran, dan konsumsi barang dan jasa yang bernilai kultural, artistik, estetika, intelektual, dan emosional bagi para pelanggannya di pasar. Indonesia sendiri mempunyai 14 sektor industri kreatif yang memiliki kontribusi paling besar dalam kemajuan ekonomi, yaitu di bidang periklanan, arsitektur, pasar seni dan barang antik, kerajinan, desain, fashion, video, film, fotografi, permainan interaktif, musik, seni pertunjukan, penerbitan dan percetakan, layanan komputer dan piranti lunak, televisi dan radio, serta riset dan pengembangan.

 

Gambar 3 : Industri Kreatif

Saat ini, masyarakat sudah mulai mengenal industri kreatif meskipun belum semuanya mampu terjun langsung untuk bergelut di bidang ini. Keyakinan akan kesuksesan di bidang ini pun belum mereka dapatkan. Padahal pada kenyataannya industri kreatif ini bisa lebih bergerak, maju, dan berkembang pesat bahkan lebih dari yang bisa diperkirakan meskipun dalam sektor ini kita dihadapkan pada situasi persaingan bisnis yang kejam dan ketat.

Pendidikan mengenai ICT pun juga diperlukan untuk meningkatkan industri kreatif. Teknologi tidak hanya dijadikan komoditas utama tetapi teknologi bisa dijadikan sebagai pendukung untuk sektor industri kreatif lainnya, terutama di bidang pemasaran dan produksi barang. Bagaimana teknologi yang tepat guna bisa dipakai dalam mempercepat produksi barang apabila permintaan konsumen melonjak naik sedangkan barang kreatif yang harus dihasilkan tertunda karena kematangan dari bahan baku untuk barang kreatif tersebut membutuhkan waktu yang lama. Sebagian besar bahan baku insudtri kreatif ini berasal dari alam seperti bambu, kayu, dsb. Kemudian, ICT selain teknologi tepat gunanya disini juga berperan sebagai sarana periklanan dalam dunia maya salah satu contohnya yaitu web dapat menyampaikan informasi yang sangat baik bagi pemasaran barang-barang industri kreatif sehingga memiliki mangsa pasar yang lebih luas.

            Pemanfaatan ICT yang belum ada pengawasan dan kontrol yang baik menyebabkan ICT begitu rawan untuk dimanfaatkan. Salah motif sedikit, ICT sudah dapat dimanfaatkan untuk hal-hal yang kurang baik, seperti meng-hack sejumlah bank untuk tindak criminal, menyebarkan virus demi keuntungan pribadi, atau bahkan niat jahat kecil untuk mencari tahu soal-soal apa saja yang akan keluar di ujian. Bila menggunakan teknologi, banyak sekali hal-hal yang dapat kita lakukan. Karena itu diperlukan kontrol dan pengawasan yang ketat untuk menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan kerugian bagi masyarakat. Melalui pemanfaatan ICT juga kita dapat mengubah hidup seseorang. Misalnya, tindak bullying melalui media social. Hal tersebut dapat membuat korban menjadi minder dan merasa dikucilkan atau dibiarkan. Bila mentalnya tidak kuat, ia dapat bunuh diri. Penipuan melalui media ICT juga sedang marak-maraknya saat ini. Entah dengan embel-embel online shop atau lainnya, tetapi sudah banyak korban penipuan dengan jumlah uang yang tidak sedikit.

 

Sumber Referensi :

 

 

 

 

 

 

 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

Leave a Reply